Selasa, 10 November 2009

Groups (Golongan)

Menyambung pada postingan yang sebelumya, disini akan dibahas tentang golongan. Ini memungkinkan di mana saja letak unsur-unsur yang sudah diketahui sifat-sifatnya.

Dalam hal ini, golongan itu adalah lajur vertikal yang tersusun menurut kemiripan sifatnya. Sistem periodik modern, terdapat yang disebut golongan-golongan besar.
  1. Golongan utama

  2. Golongan transisi

  3. Golongan transisi dalam

Golongan itu mempunyai nama sesuai golongan besarnya. Untuk golongan utama, adalah golongan yang terdiri atas nomor, kemudian diikuti oleh huruf "A".

Golongan transisi, terdiri atas nomor dan diikuti oleh huruf "B". Khusus golongan transisi, memiliki beberapa keunikan sifat-sifatnya.
  1. Semua unsur-unsur anggotanya adalah logam

  2. Semua logam-logam transisi adalah padat, pada suhu kamar. Kecuali pada raksa (Hg).

  3. Mempunyai sifat katalis (mempercepat reaksi).

  4. Memiliki biloks pada umumnya lebih dari satu.

  5. Dapat membentuk senyawa kompleks.

  6. Senyawa unsur transisi pada umumnya berwarna-warni.

Golongan transisi dalam, sebelum masuk ke pengertian yang selanutnya, menurut anda termasuk yang manakah golongan transisi dalam itu? Golongan transisi? Jawaban anda setengah betul. Memang iya, kalau golongan transisi dalam itu termasuk dalam golongan transisi, namun pada bagian dalam. Yang dimaksud "dalam", adalah: terletak pada golongan IIIB periode 6 dan 7. Itulah sebabnya disebut transisi dalam, karena nyungsep ke dalam. Golongan ini terdiri dari 2 periode, dan kemudian periode-periode itu juga mempunyai nama tersendiri.
  1. Lantanida yaitu unsur golongan IIIB periode 6. Disebut Lantanida karena keempat belas unsur dari cerium (Ce) sampai Luntanium (Lu) memiliki sifat fisika dan kimia seperti Lantanida.

  2. Aktinida yaitu unsur di bawahnya Lantanida (periode 7 dengan golongan yang sama), karena mereka memiliki sifat fisika dan kimia yang mirip dengan Aktinium (Ac). Untuk unsur-unsur di sebelah kanan uranium, adalah unsur-unsur radioaktif buatan, dan merupakan hasil dari penembakan elekton terhadap uranium.

Dan selesailah untuk postingan kali ini. Sekian.

1 komentar: