Selasa, 25 Mei 2010

Nama Baru dalam Tabel Periodik

Kamu mungkin sudah tahu. Ada nama baru yang diberikan oleh IUPAC untuk sebuah unsur yang belum diberi nama. Apa? ada yang belum tahu? ohh ooo..., ya sudah akan saya beritahu.

Berita ini mungkin sudah agak lama beredar. Namun, kita tengok dulu tabel periodik kita. Ingat! Setiap yang ingin mendalami ilmu kimia, haruslah mempunyai tabel periodik, karena ini adalah hal yang paling esensial. Dan juga, ilmu kimia akan terus berkembang seiring berkembangnya peradaban umat manusia dan perkembangan zaman.

Pertama kali, saya menerima kabar ini dari Wikipedia Bahasa Indonesia (Pada kolom peristiwa terkini pada tanggal 19 Februari 2010). Menurut Wikipedia, Unsur tersebut memiliki nomor atom 112, dengan nama lama Ununbium (112Uub). Kini jelas bukan? Nama baru unsur tersebut adalah Copernicium (disulih bahasakan Indonesia menjadi: Kopernisium) 112Cn.
Mengapa dinamakan Kopernisium? IUPAC memberikan nama ini, untuk menghormati Astronom Nicolaus Copernicus, dan diumumkan pada ulang tahunnya yang ke-537 tahun.

Sudah ketemu nomor 112? Tepatnya di bawah air raksa. Apa gunanya? Kita belum tahu pasti apa kegunaan dari Kopernisium ini. Namun, yang pasti kita akan mengetahui apa gunanya suatu saat.
IUPAC-Cipernicium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar