Kamis, 07 Juni 2012

Pengantar Kimia Analitik

Sejujurnya, aku bingung untuk memberi judul artikel ini. Karena artikel ini memang benar-benar sebuah pengantar yang amat singkat tentang Kimia Analitik. Tetapi, bagiku judul bukanlah sebuah masalah bagiku. Yang terpenting apa yang aku tulis ini akan berguna. Silakan disimak.
Kimia Analitik adalah salah satu cabang ilmu kimia yang memiliki maksud dan tujuan untuk menyelidiki suatu senyawa maupun campuran sehingga dikenal susunan secara kualitatif maupun kuantitatif.1 Secara otomatis, Kimia Analitik dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  • Kimia Analitik Kualitatif
    Analisa yang memfokuskan tentang jenis-jenis unsur atau ion yang terkandung dalam suatu campuran atau senyawa.
  • Kimia Analitik Kuantitatif
    Analisa yang memfokuskan pada penetapan kadar suatu unsur yang terdapat dalam suatu campuran atau senyawa.

Jadi, secara mudahnya Kimia Analitik Kualitatif berurusan dengan apa saja yang terkandung dalam suatu campuran. Sedangkan Kimia Analitik Kuantitatif berurusan dengan berapa banyaknya kandungan suatu campuran itu.

Dalam percobaan Kimia Analitik untuk menganalisa suatu senyawa X, yang harus dianalisa pertama kali adalah analisa secara kualitatif. Tidak mungkin, kita belum mengetahui apa-apa tentang senyawa X, tahu-tahu ketahuan kadarnya. Aneh, kan?

Yah..., kurang lebih ini dulu pengantarnya. Akan lebih sangat membantu, dengan memiliki atau meminjam buku di bawah ini. Kamu akan lebih mengerti.^_^

Catatan Kaki


[1] Tjokrodanoerdjo, Harsono.1982.Ilmu Kimia Jilid II A Untuk SLA Edisi III.Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar