Senin, 24 Agustus 2009

Teori Atom Modern Part 1

Teori atom yang diterangkan Demokritus, adalah ilmu ataom yang menyatakan bahwa semuanya memiliki bagian terkecil dan itu berbeda satu sama lain. Misalnya, atom pada intan dengan atom pada karbon dinyatakan berbeda oleh Demokritus. Namun, oleh ilmuan-ilmuan yang dinyatakan "sayap kiri" oleh Demokritus mencoba mencari tentang kebenaran teori atom klasik yang di bawa Demokritus.


Teori Atom John Dalton


Yang pertama kali adalah John Dalton. Ilmuan Inggris

ini dalam bukunya menyatakan bahwa:


  1. Atom-atom tiap unsur adalah sama, tetapi berbeda dengan atom-atom untuk unsur yang lain. Jadi, untuk teori demokritus di atas, intan dan karbon adalah sebenarnya sama. Sebab intan hanya memiliki kerapatan mulekul yang berbeda.

  1. Atom-atom dari unsur yang berbeda dapat bergabung dengan unsur lain menjadi senyawa kompleks.


Dalam hal ini, menurut Dalton atom adalah netral tidak memiliki muatan.


Teori Atom Thomson


Teori Dalton mulai diragukan sejak ditemukanya elektron sebagai partikel negatif. Disebabkan oleh itu, Joseph Thomson mengajukan model atom dengan bentuk seperti roti kismis.


Pada gambar di atas terdapat sebuah lingkaran besar, dengan di dalamnya lingkaran kecil. Lingkaran besar ini adalah partikel yang bermuatan positif, sedangkan yang ada di dalamnya lingkaran yang kecil-kecil adalah elektron, partikel bermuatan negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar