Kamis, 17 September 2009

Triade Dobereiner

Pada masa sekarang, kita telah mengenal bentuk sistem periodik yang modern. Di dalamnya terdapat 118 unsur. 90 unsur yang telah disediakan alam, sedang sisanya, (tepatnya di sebelah kanan atom uranium) adalah atom radioaktif buatan. Sistem periodik digolongkan bedasarkan kenaikan masa atom dan kemiripan sifat.
Sebenarnya, sebelum adanya sistem periodik modern ada pula sistem periodik yang bisa dibilang "jadul", tetapi tetap memiliki pengaruh dalam perkembangan sistem periodik modern. Untuk yang pertama kalinya, saya bahas sistem triade buatan J. W. Dobereiner.

Johann Wolfgang Dobereiner mengusulkan pengelompokan unsur-unsur untuk yang pertama kalinya. Ilmuan kebangsaan Jerman ini menyusunnya berdasarkan keteraturan (kemiripan) sifat. Tidak hanya itu, Dalam sistemnya juga mempunyai aturan dalam satu kelompok HANYA boleh mempunyai 3 anggota unsur.
Nah..., karena dalam aturanya hanya boleh ada 3 anggota maka dikenal dengan "Triade" Dobereiner.

Triade Dobereiner

Selain ketentuan tadi, Beliau juga memberi aturan: yaitu masa unsur yang berada di tengah adalah hasil rata-rata dari kedua unsur yang lain.
Tetapi, sistem ini agaknya tidak bertahan lama. Ya, karena saking banyaknya kelompok dalam sistem itu, maka tambah puyeng untuk mengingat dan menghafalnya.

7 komentar:

  1. ada contoh triad dobereiner yg lain gk ya? thx..

    BalasHapus
  2. Ada. yaitu Neon, Krom, Kripton. yang lain lagi, Sulfur, Bromium, telurium. tetapi untuk contoh ke-2, Bromium-nya berupa isotop Br-80.

    BalasHapus
  3. saya ezar ,mau tanya bunyi hukum dari hukum triade dobereiner , hukum oktaf ,hukum mendeleev , dan hukum moseley/modern ? , sekian terimkasih.

    BalasHapus
  4. untuk hukum oktaf, pada setiap urutan setelah unsur ke-8, pasti berulang sifatnya ke unsur yang pertama.

    BalasHapus