Jumat, 07 Agustus 2009

Hidrogen

Hidrogen adalah namaku. Aku ditemukan oleh Henry Cavendish di Inggris tahun 1766. Namaku sebenarnya berasal dari bahasa Yunani : hudor (air) dan gennan (penghasil). Mungkin agak kurang pas ya? Kok bisa? Inilah sebabnya:


Hidrogen sebenarnya berbeda jauh sekali dengan sifat air. Air memadamkan api, sedangkan hidrogen membuat api menyala. Atau akulah yang membuat air. Aku sangat banyak ditemukan di dalam molekul air (H2O). Tidak hanya itu, aku juga banyak ditemukan di daerah pertambangan yaitu antara lain pada sumur-sumur gas dan minyak. Aku juga termasuk bahan pembentuk bintang di jagad raya ini dengan pasokan yang tidak terbatas. Dan menurut catatan manusia, produksi hidrogen di dunia adalah sekitar 350 milyar m3 per tahun.





Oh iya..., di sini adalah profilku:

Nama : Hidrogen
No. Atom : 1
Neutron : 0
Golongan : 1 (IA)
Nama golongan : bukan logam
Periode : 1
Wujud : gas pada suhu 298 K
Warna : tidak berwarna
Titik didih : 20,268 K (-252,870C)
Titik lebur : 14,01 K (-259,140C)
Masa Jenis : 0,08988 gr cm-3

Kandungan hidrogen pada zat-zat lain:
Jagad raya : 7,5 x 105 ppm (ditinjau dari berat)
Matahari : 7,5 x 105 ppm (ditinjau dari berat)
Meteor : 24000 ppm
air laut : 107800 ppm


Aku digunakan untuk pembentukan amonia (NH3), etanol (C2H5OH), asam klorida (HCl), Asam bromida (HBr), dan masih banyak lagi yang sangat membantu manusia. Aku sangat senang membantu manusia, namun sayangnya aku tidak stabil. Karena elektron terluarku hanya 1 dan satu-satunya. Jadi aku sering ditemukan bergabung membentuk ikatan dengan yang lain.



Sekian dari aku, jika ingin tahu aku lagi simak terus web ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar