Selasa, 19 Januari 2010

Sifat-Sifat Keperiodikan Unsur Part 1

Sekarang yang akan dibahas adalah tentang keperiodikan unsur-unsur. Berbicara masalah keperiodikan unsur, kita tidak terlepas dengan Tabel Periodik. Dahulu telah disinggung masalah sistem periodik.
Kita mempergunakan sistem periodik yang modern, yang terdiri atas golongan, dan periode. Dalam golongan dan periode itulah terdapat suatu sifat sifat tertentu.

Jari-Jari Atom

Sekarang kita bayangkan sebuah lingkaran. Dalam lingkaran terdapat istilah yang disebut ruji/jari-jari. Dalam lingkaran jari-jari adalah jarak dari titik pusat lingkaran ke pinggir/garis lingkaran. Prinsip itu juga sama dan diterapkan dalam jari-jari atom. Sehingga
Jari-jari atom adalah jarak antar inti atom dengan kulit atom terluar.

Sifat-sifat dalam hubungannya dengan sistem periodik:
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah (dari periode kecil ke periode yang besar), jari-jari unsur dalam tabel periodik semakin besar.
  • Dalam satu periode dari kiri ke kanan (dari golongan 1A-8A), jari-jari atom semakin kecil.
Untuk sifat yang kedua ini mempunyai alasan tersendiri, mengapa semakin kecil. Sebenarnya, unsur-unsur dalam satu periode tidak mengalami yang namanya pertambahan kulit. Pertambahan kulit ini yang mengakibatkan atom itu memiliki jari-jari yang besar. Namun hanya perubahan elektron valensi dan perubahan jumlah partikel positif. Partikel positifnya menjadi semakin banyak, sehingga menjadikan inti atom menjadi lebih besar.

Jadi, diibaratkan sebagai matahari yang mengalami daur hidup maha merah raksasa (yang otomatis mempunyai ukuran yang besar), mempunyai gravitasi yang kuat melebihi yang dipunyai oleh matahari-matahari pada umumnya. Sehingga membuat lintasan-lintasan planet-planet lebih pendek, karena gravitasinya. Sama halnya dengan atom, perumpamaan di atas berlaku.

Energi Ionosasi

Pengertian dari energi ionisasi adalah: Jumlah energi yang dibutuhkan suatu atom untuk membentuk ion. Atau adayang berpendapat lain yaitu: Jumlah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron dari sauatu atom.

Sifat-sifat dalam hubungannya dengan sistem periodik:
  1. Dalam satu periode dari kiri ke kanan (dari golongan IA-VIIIA) energi ionisasi unsur semakin besar, meski terdapat penyimpangan pada logam 11Na.
    Energi ionisasi menjadi semakin besar dari kiri ke kanan karena jari-jari atom. Jari-jari atom unsur yang terkanan (golongan gas mulia) berbentuk kerdil. Karena kekuatan gravitasi inti yang amat kuat, membuat elektron terluar memerlukan energi yang besar untuk melepaskan diri dari atom.

  2. Dalam satu golongan dari atas ke bawah (dari periode yang kecil ke periode besar), energi ionisasi cenderung turun. Lagi jari-jari atom mempengaruhi


Kurang jelas?
Kembali ke Jari-Jari Atom
Kembali ke Energi Ionisasi

1 komentar:

  1. sangat bermanfaat. trmakasih gan. postingnya bagus. :D

    BalasHapus

Chem-Is-Try.Org | Situs Kimia Indonesia |